Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian

Kerusakan fungsi atau error yang terjadi pada touchscreen atau layar sentuh handphone terutama pada ponsel yang berbasis android bisa bermacam-macam penyebabnya. Baik itu kerusakan touchscreen secara keseluruhan maupun kerusakan berupa  kehilangan fungsi di sebagian tempat saja (deadspot). Pada kesempatan ini akan dijabarkan tentang tanda-tanda dan gejala kerusakan touchscreen serta bagaimana cara mengatasi touchscreen rusak yang tidak berfungsi sebagian (deadspot).

Beberapa gejala touchscreen rusak dan tidak berfungsi sebagian (deadspot)

cara-mengatasi-touchscreen-rusak-1

Beberapa gejala yang timbul jika layar sentuh anda tidak berfungsi sebagian diantaranya :

  • Smartphone tetap menyala normal, tetapi wilayah layar sentuh anda tidak sensitif terhadap sentuhan, dan touchscreen tidak merespon dengan lancar
  • Saat And sedang menjalankan aplikasi tertentu di smartphone, touchscreen kadang bergerak sendiri tak beraturan tanpa ada sentuhan
  • Seringkali touchscreen macet (hang) atau tidak merespon sama sekali pada saat disentuh

Penyebab touchscreen rusak dan tidak berfungsi sebagian (deadspot)

Penyebab layar sentuh smartphone yang kehilangan sebagian fungsi kerjanya bisa bermacam-macam. Tapi secara umum penyebab kerusakan ini bisa diakibatkan beberapa hal seperti :

  1. Sistem android di smartphone yang lambat karena berbagai sebab, misalkan belum dilakukannya update sistem dan sejenisnya, bisa membuat touchscreen ponsel kehilangan sebagian fungsinya.
  2. Penggunaan charger ponsel yang tidak standar, atau menggunakan charger handphone milik ponsel dari merek lain.
  3. Ponsel tertindih barang berat sehingga merusak sebagian fungsi dan membuat touchscreen jadi tidak normal.

Beberapa cara mengatasi touchscreen rusak dan tidak berfungsi sebagian

cara-mengatasi-touchscreen-rusak-2

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi touchscreen yang rusak sebagian fungsinya diantaranya :

  1. Bila ponsel android anda tidak rusak atau pecah layar touchscreennya, dan hanya mengalami lambat respon pada sentuhan, cobalah untuk memperbaikinya dengan cara masuk ke pengaturan (setting), kemudian masuk ke pilihan display. Lalu pilihlah kalibrasi. Saat kalibrasi berjalan, ponsel anda akan berwarna putih. Klik pada layar yang berwarna putih tersebut dan ikutilah instruksi yang ada sampai langkah kalibrasi selesai dijalankan. Setelah itu maka fungsi touchscreen ponsel anda akan kembali seperti semula.
  2. Jika touchscreen pada ponsel android anda benar-benar tidak dapat digunakan dan tidak bisa bergerak sama sekali, cobalah lakukan langkah untuk mengembalikan setting ponsel anda ke factory reset. Caranya adalah dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan, maka setelah itu akan muncul perintah masuk dan geser ke menu factory reset dengan menggunakan tombol volume up atau volume down. Lalu untuk memilih pilihan factory reset gunakanlah tombol power. Tunggulah hingga proses me reset selesai. Setelah itu touchscreen anda akan kembali normal seperti semula.
  3. Jika dua langkah diatas sebagai cara mengatasi touchscreen rusak tidak juga membuahkan hasil, maka langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah membawa ponsel Anda ke service center terdekat, dan mintalah petugas yang profesional disana untuk mengganti perangkat touchscreen anda dengan komponen yang baru. Dan dengan menyiapkan budget sesuai yang diminta pihak service center untuk perbaikan ini, maka anda akan kembali dapatkan fungsi touchscreen ponsel Anda seperti sediakala.

Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah layar sentuh ponsel yang tidak berfungsi di sebagian tempat. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda dan menjadikannya referensi sebagai panduan saat mengalami kondisi seperti yang disebutkan di atas.

Deskripsi : Panduan tentang cara mengatasi masalah touchscreen yang rusak dan tidak berfungsi sebagian pada ponsel android